Tuesday, July 31, 2018

5 Kesalahan Pemula saat Menggunakan Font dalam membuat Desain


5 Kesalahan Pemula saat Menggunakan Font dalam membuat Desain

5 Kesalahan Pemula saat Menggunakan Font dalam membuat Desain


Dalam membuat sebuah desain memang diharapkan menjadi sebuah hasil karya yang bagus sesuai dengan keinginan bahkan pesanan dari klien. Namun kenyataan  bagi seorang pemula dalam dunia desain bukan yang mudah. Khususnya dalam pemilihan beberapa font yang digunakan dalam mendesain. Selain itu, pesanan harus dibuat sesuai dengan keinginan dari klien.

Oleh sebab, itu beberapa dalam artikel ini saya akan berbagi tips 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula saat menggunakan font dalam membuat desain .

1.        Menentukan Ukuran Font Terlalu Kecil atau Besar

Dalam membuat desain ada hal yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan font dalam bentuk ukuran besar atau kecilnya. Agar pesan informasi dalam desain tersampaikan kepada orang – orang yang membacanya.
Apabila font yang digunakan terlalu kecil akan mengakibatkan tulisannya susah dibaca dan tidak jelas untuk dilihat. Dan sebaliknya apabila font yang gunakan terlalu besar maka akan memakan space yang cukup besar sehingga tidak nyaman untuk dilihat .


2. Terlalu Banyak Menggunakan Jenis Font

Dalam membuat desain terkadang melakukan kesalahan dalam menggunakan font. Dari banyak jenis font yang digunakan bermaksud agar terlihat bagus namun kenyataan menjadi memburuk hasil desain tersebut.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan font lebih dari satu jenis adalah hubungan font tersebut dengan font lainnya. Misalnya anda menggunakan font typewriting di gabungakan jenis font digital menjadi tidak nyambung.

Perhatikan jenis desain yang sedang anda buat. Jika anda membuat desain biasa (bukan logo) pada umumnya menggunakan tidak lebih dari 5 jenis font yang berbeda. Dan apabila anda membuat sebuah desain logo biasanya font yang digunakan tidak lebih dari dua jenis bahkan dengan menggunakan satu jenis font saja sudah bagus.


3. Gunakan Font Yang Mudah Untuk di Baca dengan Tema Desain (Tidak Cukup Kontras)

Dalam membuat sebuah desain misalnya desain digunakan dalam bentuk digital seperti web desain, desain UX berbeda dengan desain yang diprint out untuk keperluan offline bahkan untuk promosi seperti baliho atau spanduk yang akan dipasang ditempat umum.

Hal ini perlu diperhatikan .saat mendesain tujuan desain yang dihasilkan untuk keperluan apa. Jangan sampai saat anda membuat desain untuk keperluan baliho, spanduk anda menggunakan jenis font yang sulit dibaca sehingga pesan informasi yang seharusnya disampaikan justru tidak sampai kepada target pasar.

Selain itu, font juga harus disesuaikan dengan tema desain. Misalnya anda mendesain tema otomotif tapi anda memnggunakan jenis font yang biasanya digunakan tema flower / wedding art. Sangat tidak relevan walaupun tidak ada aturan pokok dalam membuat sebuah desain apalagi keperluan desain tersebut permintaan oleh klien ya tinggal diikuti saja.



4. Mengatur jenis font dan ukuran font
Coba sobat simaklah* teks inilah* ini* :




Pada point ke empat ini, biasanya di tujukan kepada anda yang membuat desain berupa layout, seperti poster, atau magz.  Jadi saat anda membuat desain layout diusahakan untuk menggunakan ukuran font yang tepa tantara judul dengan isi artikelnya. Atau anda bias mempelajari tentang macam-macam ukuran font mulai dari heading hingga paragraph.

Anda juga bisa menggunakan variasi type font seperti Bold,Miring dan Underline dalam isi artikel tersebut. Khususnya untuk isi artikel dianjurkan menggunakan font yang enak dibaca atau font yang sudah pada umumnya digunakan oleh media media besar lainya.


5. Menggunakan Font yang Terlalu Mirip

Menggunakan font yang teralu mirip bahkan tidak terlihat berbeda antara font satu dengan font lainnya. Dalam mendesain sebuah layout hal ini perlu diperhatikan dalam penggunaan font yang hampir tidak memiliki perbedaan secara sekilas. Misalnya font arial regular denga arial light.

Alangkah lebih baiknya. Penggunan font cukup dapat dibedakan misalnya font yang digunakan untuk heading sepertin font stencil kemudian anda bisa mengkombinasikan dengan font arial untuk isinya.

Demikian beberapa kesalahan yang dilakukan pemula saat menggunakan font dalam membuat sebuah desain. Semoga bisa bermanfaat dan terus belajar Bersama.



No comments: