Friday, September 18, 2020

Tutorial membuat desain jam dinding sendiri dengan coreldraw X7 dan Coreldraw 2020

Tutorial membuat desain jam dinding sendiri dengan coreldraw  X7 dan Coreldraw 2020

Tutorial membuat desain jam dinding sendiri dengan coreldraw  X7 dan Coreldraw 2020


Coreldrawpedia – Halo teman – teman sudah lama saya tidak memberikan tutorial desain dengan menggunakan coreldraw. Pada artikel ini saya akan memberikan tutorial sederhana cara membuat desain Custom background dengan jam dinding. Mungkin diluar sana sudah banyak tutorial cara mendesain jam dinding. :D .

Jam dinding, salah satu barang yang hampir ada disetiap rumah, bahkan saat ini banyak dari mereka mengkreasikan desain sendiri pada jam dinding dirumah mereka. Ada juga yang digunakan untuk dijual Kembali baik berupa bentuk jam itu sendiri atau hanya sekedar background jamnya saja.

Seperti biasa kalian ada di blog coreldrawpedia, maka kita akan belajar membuat desain jam dinding custom sendiri dengan menggunakan software Coreldraw. Kalian bisa menggunakan versi coreldraw berapapun, namun saya pribadi  sarankan mulai dari coreldraw versi X7. Sedangkan saya untuk tutorial ini saya menggunakan software Coreldraw versi 2020 (X22).


Berikut ini Langkah cara membuat desain jam dinding custom dengan menggunakan software coreldraw :

Sebelum memulai membuat desain beberapa Tool diperlukan dalam artikel ini sebagai berikut :

1.Tool box

  • Shape Eclips
  • Shape retangle.
  • Number text

2. Docker menu
  •       Transform tool.
3. Desain gambar
4. Mockup Jam dinding.

Baik, sekarang kita mulai membuat desain custom jam dinding sendiri


1.    Kita mulai dari membuat Dokumen baru, ukuran bebas. Tapi jika teman teman punya printer sendiri. Saran saya pakai ukuran A4. Setingannya harus CMYK ya, karena akan kita print desainya tersebut. Kemudian DPI nya 300 agar resolusi desainya maksimal. Silahkan lihat gambar dibawah ya.

Tutorial membuat desain jam dinding sendiri dengan coreldraw  X7 dan Coreldraw 2020

2.    Kita akan  membuat background jam dinding custom ini dengan ukuran diameter 10 cm, kalian bisa mengikuti ukuran di tutorial ini atau custom diameter sesuai jam dinding yang ada dirumah kalian. Lihat gambar dibawah ini

Tutorial membuat desain jam dinding sendiri dengan coreldraw  X7 dan Coreldraw 2020

 

3.    Setelah itu, kita mulai buat posisi garis untuk menunjukan jam. Dengan menggunakan objek retangle tool pada menu tool box. Dan menggunakan menu docker transform tool untuk menduplikasi object secara rotasi ( mengelilingi objek lingkaran jam tersebut) settinganya pada menu transform bisa kalian lihat pada tutorial gambar dibawah ini


 

Tutorial membuat desain jam dinding sendiri dengan coreldraw  X7 dan Coreldraw 2020


Pada gambar diatas settinganya pilih windows >> docker >> transform. Kemudian sebelum pergi ke transform box kalian klik 2x pada object rectangle hingga muncul rotasi >> geser tanda O ke  object lingkaran hingga muncul tulisan “center” setelah itu, untuk settingan pada transform box diside bar isi derajatnya 30 >> lalu copy object sebanya 12x.


4. Kita buat garis untuk menujukan jarum detik pada jam, ini juga selera kalian ya. Boleh pakai atau tidak. Untuk yang pakai silahkan kalian pergi ke menu toolbox >> rectangle tool kemudian bikin object persegi Panjang kecil. Setelah itu, klik 2x pada object tersebut hingga muncul rotasi, lakukan hal yang sama dengan Langkah pada nomor 3. Drag tanda O hingga muncul center pada object lingkarannya. Lihat gambar dibawah.

Tutorial membuat desain jam dinding sendiri dengan coreldraw  X7 dan Coreldraw 2020


Pada gambar diatas, setelah muncul tanda O silahkan kalian pergi menu transform box kemudian setting pada menu rotasi isi putaran derajatnya dengan 6 derajat. Dan object copynya sebanyak 60x .



5. Kita membuat angka untuk menunjukan jamnya, silahkan kalian pergi ke menu toolbox kemudian pilih text tool. Kalian pilih text style yang kalian inginkan, saya menggunakan Arial text. Kalian juga bisa menggunakan Angka Romawawi atau Angka Arabic. Atau gambar symbol tertentu. Lihat gambar dibawah.





Pada gambar diatas kita cukup menulis angka 12 saja. Tidak perlu menulis angka 1 hingga angka 12. Kemudian kita akan duplikat text angka 12 dengan menggunakan tool transform caranya sama pada Langkah 3. Klik 2x angka 12 nya kemudian settinganya sama seperti membuat garis untuk jarum jam yaitu derajat 30 dengan copy objek sebanyak 12x.

6. Setelah terbentuk kita rapikan angka pada jarum jam tersebut dengan meng nol kan Kembali angka rotasinya. Bisa dengan dua cara, yang pertama di rotasi manual pada object teks tersebut dan kedua dengan cara meng nol kan pada menut toolbar box pada bagian rotasi. Caranya klik object text kemudian pergi ke menu toolbar box bagian rotasi kemudian isi angka 0. Lihat gambar dibawah 




Setelah rapih, kita duplikasi lingkaran jam tersebut lingkaran pertama untuk object yang telah kita buat berupa garis jam, garis detik jam dan angka jam dan lingkaran kedua kita gunakan untuk beri gambar desain background pada jam yang kita akan print. Lihat gambar dibawah.

8. Sentuhan terakhir adalah kita masukan gambar background pada jam dinding kita.



  Hasil desain jam dinding 




demikian tutorial cara membuat desain custom sendiri dengan menggunakan software coreldraw. semoga bermanfaat ya




1 comment: