Sunday, August 12, 2018

Tutorial Dasar CorelDraw - Mengenal Fitur Tatak Letak Halaman | coreldraw X7, X8 , Suite 2017, 2018, 2019

Tutorial Dasar CorelDraw : Mengenal Fitur Tatak Letak Halaman | CorelDraw X7, X8 , Suite 2017, 2018, 2019




Fitur pengaturan tata letak halaman sebaiknya untuk diperhatikan saat awal ingin mengerjakan sebuah desain dengan menggunakan coreldraw. Karena dengan memperhatikan settingan tata letak halaman di awal akan mempermudah perkerjaan anda dimana settingan tatak letak dalam membuat sebuah desain illustrator dengan membuat desain settingan untuk buku itu berbeda.

Untuk dapat mengatur tatak letak halaman ( Posisi saya menggunakan CorelDraw Suite 2019 ) bisa mengarahkan pada menu layout – Document Options. Beberapa hal yang bisa diatur pada tatak letak halaman adalah ukuran kertas, posisi kertas, DPI , background color, Guidelines dll. Bisa dilihat tampilan pada gambar dibawah ini :



Kemudian arahkan pada menu layout, Pada settingan default adalah  fullpage sedangkan jika ingin menyeting sebuah desain layout buku maka bisa diganti dengan menu book atau booklet, lihat gambar dibawah

Mengolah Halaman (Page)

Selanjutnya pergi kebagian sisi paling bawah, fitur ini disebut status page ( document navigator ) fungsi fitur ini adalah untuk memberikan informasi mengenai berapa jumlah halaman dan posisi halaman yang sedang dikerjakan dan menambah halaman page. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :




Pada gambar diatas Untuk menambah halaman klik tombol (+) Add Page sehingga akan muncul halaman baru dengan nama Page 1, page 2 dan page 3 dst. Pada anak panah page 2 maka page yang sedang aktif adalah page nomor 2, untuk navigasi ke page 1 atau page 3 bisa menggunakan tombol seperti anak panah ( Play button).

Selain itu, dengan mengclick mouse kanan bisa untuk mengedit halaman, duplicat halaman, inset halaman sebelum dan sesudah hingga mengubah orintasi tampilan page. Silahkan lihat gambar dibawah  :



Berikut beberapa keterangan diatas

·   Rename Page: menu ini berfungsi untuk mengubah nama halaman dalam satu File, contoh: Klik Pages (halamanyang aktif) misalkan Page 1 dan Klik kanan > pilih Rename Page dan akan muncul kotak dialog isikan nama halaman misalkan kata 'desain satu' pada kotak Page name dan Pilih Ok maka Page 1 akan berubah 1: desain satu
·     Insert Page After: menu ini untuk menambah dan menyisipkan halaman baru pada bagian kanan halaman aktif dalam satu file. Cara menambahkan halaman ialah: Klik kanan Page 1 lalu pilih Insert Page After, atau Cara lain yang bisa digunakan, Klik tanda + di sebelah kiri Page 1 dan akan aktif Page 2, page 3 dst
·      Insert Page Before: Menu ini untuk menambahkan serta menyisipkan halaman baru pada bagian kiri halaman aktif dalam satu file. Menyisipkan halaman caranya: Misalkan anda akan menyisipkan halaman diantara Page 2 dan Page 3, yang sudah anda ubah Rename Page-nya menjadi Page 2 adalah 2: desain dua dan Page 3 adalah 3: desain tiga, maka langkahnya adalah Klik kanan 3: desain tiga kemudian Pilih 'Insert Page Before' dan halaman akan berubah menjadi 2: desain dua / Page 3 : desain 3 / 4: desain empat
·      Duplicate Page: menu ini berfungsi untuk menduplikat halaman
·     Delete Page: menu ini  berguna untuk menghapus halaman dalam satu file caranya Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 2 dan Klik kanan kemudian pilih Delete Page.
·      Switch Page Orientation: Merubah bentuk Printable Area dari Portrait menjadi Landscape atau sebaliknya.
·     Publish Page To ConceptShare...

Silahkan praktekan dan tinggalkan komentar dibawah ya

No comments: