Monday, August 13, 2018

TIPS Belajar CorelDraw : Cara Export File CDR ke JPG Agar Warnanya tidak berubah


TIPS Belajar CorelDraw : Cara Export File CDR ke JPG Agar  Warnanya tidak berubah

Corel  Version : CorelDraw Suite 2019
Sifat : Share Tips CorelDraw.


Perbedaan Hasil cetak saat mengeprint hasil dari sebuah desain yang sebelumnya dibuat dengan menggunakan coreldraw sering kerap terjadi. Dikarena banyak factor seperti lupa mengedit format warna yang seharusnya CMYK namun malah RBG tentu saja tidak mendukung warnanya dimana karena printer menggunakan kombinasi 4 warna atau factor graphic card dan kepadatan warna monitor belum mendukung misalnya layar dengan teknologi IPS lebih dianjurkan daripada LCD atau monitor biasa.


Image atau gambar yang biasa digunakan biasanya menggunakan ekstensi berupa bitmap, JPEG (JPG), PNG dan Gif. Sedangkan untuk komposisi warna yang digunakan hanya dua yaitu CMYK dan RGB tentunya memiliki pemakaian yang berbeda. Secara singkatnya untuk CMYK digunakan pada sebuah desain yang akan dipakai secara offline ( di print ) dan sebaliknya dengan kompisis warna RGB file sebuah hasil desain akan dipakai secara online ( web, aplikasi dan jejaring social media )

Jadi, jangan sampai salah dalam mengeskport sebuah file desain yang akan digunakan. Apabila digunakan untuk kepentingan offline maka komposisi warnanya adalah CMYK dan apabila digunakan untuk online seperti share hasil karya kalian di website atau di grup facebook maka yang digunakan adalah RGB walaupun ada beberapa distorsi dalam hal depth warnanya.

Lalu bagaimana agar warna dari file desain CDR jika ingin diprint atau digunakan pada social media tidak berubah warna ( Menyerupai warna desainya pada layar monitor ?


Berikut langkah – langkahnya :

Pertama, Untuk Offline ( kepentingan Print Outdoor, Indoor menggunakan Alat Printer )
Silahkan pergi ke menu file pilih Export (CTRL + E ) – Pilih format  JPEG (JPG) beri nama file CMYK_FILE – pilih lokasi penyimpanan, centang selected only maka akan muncul pop up kembali liat settingan pada gambar dibawah yaitu pilih settingangan CMYK color 32 bit, quality nya 100 %, advancenya anti-aliased  dan untuk settingan resolusi pilih 300 dpi (bagian paling bawah) lalu klik “ OK “




Kedua , Untuk Online ( kepentingan  di posting diweb, aplikasi dan social media lainnya )
Silahkan pergi ke menu file pilih Export (CTRL + E ) – Pilih format  JPEG (JPG) – beri nama file RGB_FILE pilih lokasi penyimpanan, centang selected only maka akan muncul pop up kembali liat settingan pada gambar dibawah yaitu pilih settingangan RGB color 24 bit, quality nya 100 %, advancenya anti-aliased  dan untuk settingan resolusi pilih 300 dpi (bagian paling bawah) lalu klik “ OK “


Setelah, itu mari import gambar tersebut untuk membandingankannya.

FILE CMYK 


FILE RGB 

FILE ASLI VEKTOR ( hasil Screen shot Lightshoot )


Informasi tambahan
Untuk yang mengalami masalah pada pengaturan warna silahkan lakukan settingan warna default pada coreldrawnya.

Semoga tutorial ini cara mengexport file cdr ke JPG  dapat membantu teman – teman

No comments: