Monday, October 15, 2018

Tutorial Dasar CorelDraw - Cara Mengaktifkan Fungsi Colour Harmony Di coreldraw


Cara Mengaktifkan Fungsi Colour Harmony Di coreldraw


Corelpedia – pernahkah anda saat mendesain ingin merubah kompenen warna dalam satu desain dilakukan dengan cara satu persatu. Misalnya dari merubah kombinasi biru menjadi kombinasi merah seperti pada gambar berikut :

                                  


Melakukan dengan cara manual memang banyak kekurangan dianataranya memakan banyak waktu ditambah lagi efek kompisisi warna yang kurang seimbang harus di tes satu persatu. Dan hal itu sungguh melelahkan. Namun kabar baiknya coreldraw menghadirkan fitur yang bisa disebut sebagai colour harmony

FItur colour harmony ini masih bisa dikatakan banyak orang yang belum mengetahui atau cara menggunakan fitur colour harmony di coreldraw. Dengan mengaktifkan fitur colour harmony ini anda bisa memangkas waktu anda lebih efiensi dalam mengoreksi dan merubah warna dalam waktu bersamaan.

Untuk langkah menggunakan colour harmony pada coreldraw sebagai berikut :


Sebelumnya anda telah nentukan objek yang memilik beberapa komposisi warna
Ada bisa pergi melalui windows – Dockers -colour style  untuk dapat mengaktifkan colour harmony ini.

Lihat gambar


Setelah itu anda drag object gambar desain anda seperti gambar di bawah ini untuk mendapatkan komponen dasar warnanya



Setelah drag ke menu colour style maka hasilnya sebagai berikut :

Maka akan muncul dua warna dasar yang dihasilkan dari objet pada contoh diatas. Kemudian silahkan anda klik kotak warna merah yang sudah saya tandai. Agar harmony colour editor muncul serta dapat digunakan.

Pada harmony colour editor anda akan menemukan dua lingkaran kecil didalamnya artinya dua lingkaran tersebut menunjukan banyaknya komponen warana dalam suatu objet desain. Silakan anda drag dengan cara memutarnya seperti gambar dibawah ini.


Pada contoh diatas saya telah mendrag kebagian warna ungu. Perhatikan gambar kotak merah kedua lingkarang tersebut berada di warna ungu sehingga dia menciptakan dua kombinasi langsung berupa dua warna ungu yang berbeda yang dianggap sama dengan kombinasi warna sebelumnya. Perhatikan alur tanda panah merah yang telah saya buat pada gambar diatas.

Bagaimana mudah bukan ? cara mengaktifkan dan memanfaatkan  fitur colour harmony yang telah disediakan di dalam software coreldraw. Dengan anda menggunakan fitur ini akan lebih membantu lebih cepat perkerjaan anda.

No comments: