Tuesday, April 16, 2019

Mengetahui Definisi Perbedaan Desain Bitmap dan Desain Vektor di Dunia Desain Grafis


Mengetahui Definisi Perbedaan Desain Bitmap dan Desain Vektor di Dunia Desain Grafis

Perbedaan Desain Bitmap dan Desain Vektor di Dunia Desain Grafis
CDP Blog - Sudah pernah anda mendengar istilah Desain Bitmap dan Desain Vektor? Kedua istilah sangan meerkat dalam dunia desain bagi anda yang belum bisa membedakan desain berbasis bitmap dan vector maka silahkan simak ulasan berikut ini ;

 Perbedaan Desain Bitmap dan Desain Vektor di Dunia Desain Grafis

Desain Vector

Desain vector merupakan bagian dari jenis desain grafis yang tersusun berupa garis dan kurva dimana merupakan hasil oleh dekripsi matematis yang menentukan letak posisi, area serta Panjang dari titik awal dimana garis tersebut dibuat.

Desain vector pada penerapannya digunakan untuk membuat sebuah desain logo , animasi dll dikarena apabila diperbesar maka tidak akan pecah / blur dan mudah untuk di edit memperbaiki revision desain sebelumnya. Selain itu output dari hasil desain vector akan sangat bagus dan membuat gambar akan terlihat sangat detail

Software yang menggunakan basic desain vector : Coreldraw dan Adobe Illustrator


Desain Bitmaps

Desain bitmap tersusun dari beberapa satuan pixel ( titik titik ) cara kerjanya adalah apabila suatu desain bitmap memiliki ukuran pixel yang besar maka hasil desain akan semakin bagus dan padat namun kekurangan dari Bitmaps apabila ukuran piksel yang besar akan mempengaruhi ukuran file desain yang akan dihasilkan.

Dalam penerapan desain bitmaps biasanya mudah ditemukan dalam dunia photografi dimana hasil dari potret kamera di olah menjadi manipulasi foto yang lebih menarik. Namun kembali diatas jika hasil sebuah foto yang memiliki piksel yang besar makan file yang akan dihasilnya juga akan besar bahkan saat untuk di olah menjadi lebih jika perangkat computer tidak mendukung akan mudah crash.

Software yang menggunakan basic desain Bitmap ( pixel) : Adobe Photoshop, GIMP


Demikian pembahasan perbedaan desain berbasis Vektor dan Bitmap. Semoga bisa menambah wawasan anda yang sedang mendalami dunia desain grafis. Untuk software coreldraw / adobe illustrator walaupun berbasis vector namun hasil output medianya bisa di ekspor menjadi JPG, GIF atau PNG dan lainnya.
.

No comments: