Thursday, August 22, 2019

Tips Trik Coreldraw - 14 teknis cara mudah belajar coreldraw

Tips Trik Coreldraw - 14 teknis cara mudah belajar coreldraw


Tips Trik Coreldraw - 14 teknis cara mudah belajar coreldraw


CDP Blog - Keinginan mencari cara untuk belajar coreldraw dengan mudah dengan harapan segera menguasai software coreldraw ini menjadi semua mimpi sebagai pemula yang baru mengenal software desain grafis ini. Banyaknya fitur dan tools yang disediakan oleh coreldraw terkadang membuat pemula ingin menyerah terlebih dahulu. Namun ada hal  yang perlu digaris bawahi tidak perlu semua tools didalam coreldraw untuk dikuasai untuk dapat bisa menggunakan dan menghasilkan uang dari coreldraw.


Paling tidak hanya perlu menguasai beberapa teknis dasar mengoperasikannya tanpa perlu mengetahui semua karena kunci utamanya dalam menguasai untuk belajar coreldraw adalah niat dan kemauan praktekk untuk belajarnya.

Mari Bahasa setidaknya ada  14 teknis cara agar mudah memahami dalam belajar coreldraw


1. Memahami Area Kerja di coreldraw

Hal pertama adalah bisa memahami dengan baik tatak letak fitur dan tools yang ada dalam area kerja pada coreldraw paling tidak bisa mengetahui : menubar, Property bar , menu toolbox, menu docker dan menu history.

2. Memahami cara Memindah, menggeser dan memutar objek

Bermain desain tidak lepas dari sebuah objek maka teknis untuk bisa memindah, menggeser dan memutar objek dengan menggunakan Pick tool. Letaknya pada menu toolbox paling atas dimana Iconnya mirip seperti kursor mouse .

3. Bisa Menyisipkan gambar di coreldraw

Dalam menyisipkan gambar dalam Coreldraw Ada 2 langkah  cara. Langkah Pertama yaitu dengan menggunakan menu File – Import dan pilih gambar yang akan disisipkan. Dan langkah yang kedua dengan cara mengklik gambar yang dipilih kemudian drag ke lembar kerja coreldraw 

4. Memahami Cara Menyimpan file dan Format di CorelDraw

Output yang akan dihasilkan setelah mendesain adalah sebuah file desain. Pada file desain paling tidak harus bisa memahami file desain tersebut akan digunakan untuk apa dan digunakan dimana misalhnya untuk dokumentasi file bisa menggunakan PDF, jika untuk dijadikan sebuah konten baik di print atau digunakan dalam kebutuhan digitalisasi bisa menggunakan jenis file PNG dan GIF. Dan jika untuk di olah kembali ( bisa diedit ) maka bisa menggunakan CDR untuk coreldraw, Ai dan Eps untuk diedit pada adobe illustrator dan SVG untuk memanfaatkan di web.

5. Memahami dan Mempelajari tool drawing


Salah satu Tool terpenting dalam mendesain dengan menggunakan coreldraw adalah tool drawing karena berfungsi untuk digunakan membuat garis, objek, menggambar dan menyeleksi objek.

Drawing tool ini terdiri dari beberapa tool. antara lain; Freehand, Bezier, Pen, B-Spline, dan Polyline. Dari beberapa drawing tool tersebut, tidak perlu menguasai semuanya cukup beberapa tools saja. Saya peribadi menggunakan pen tool dan Bezier tool sedangkan beberapa orang lainnya mungkin terbiasa dengan menggunakan Freehand, 3-d point tool dan Pen Tool. Untuk bisa menggunakan dengan cara melatihnya agar terbiasa

6. Mengetahui cara Menambahkan objek

Penggunaan objek sangat membantu dalam mendesain sehingga Untuk dapat menambahkan objek di CorelDRAW, bisa menggunakan tool Rectangle untuk membuat objek persegi atau persegi Panjang , tool Ellipse untuk membuat objek bulat , Polygon, Star, Basic Shapes, Arrow Shapes, Flowchart Shapes, Banner Shapes dan Callout Shapes.

7. Bisa Modifikasi objek dengan Shape Tool

Dengan menggunakan Shape tool berfungsi untuk merubah atau memodifikasi objek. Sehingga  bentuknya bisa diubah sendiri sesuai dengan kebutuhan. Shape Tool ini juga memiliki fungsi untuk menambahkan serta menghapus node[s], titik kecil yang terdapat pada objek vector dimana hanya bisa terlihat dan digunakan untuk mengeditnya  ketika Shape Tool diaktifkan.

8. Mampu Menambahkan teks atau tulisan

Penggunaan fitur text tool Cara menambahkan tulisan di CorelDRAW juga tidak kalah pentingnya dengan fitur shape tool. Cara menggunakannya cukup mudah pergi menubar dan pilih text tools kemudian klik di lembar kerja yang sudah dibuat. Ada yang perlu di pahami dalam penggunaan text tool dibagi menjadi dua bagian yaitu artistic text dan paragraphtext. Selain itu text tools ini juga bisa diconvert menjadi sebuah objek. Dan dengan text tools pun bisa berkreasi desain seperti lettering design, typhografi desain hingga logo maker.

9. Paham Membuat dan menambah outline

Memahami Outline  yang merupakan sebuah objek berupa garis pinggir yang ada pada objek, tulisan dan gambar. Untuk bisa menggunakan outline caranya mudah  dengan mengeklik kanan pada salah satu warna yang ada disamping kanan.

Kemudian untuk dapat memodifikasi outlinenya, bisa dengan cara mengaktifkan fitur Object Properties dengan cara menekan Alt + Enter atau klik kanan pilih Object Properties Atau dengan cara menggunakan tombol pada keyboard dengan menekan tombol 12

sehingga kalian bisa mengatur ketebalan dan warna outline sesuai yang diinginkan.  Selain itu, pada menu ini  juga bisa untuk modifikasi outline tersebut  misalnya garis lurus, garis putus-putus dan masih banyak lainnya.

10. Mengetahui cara bermain efekPowerClip

Kegunaan fungsi PowerClip adalah tool ini biasa digunakan untuk dapat memasukkan gambar ke dalam objek shape maupun ke dalam objek tulisan. Sehingga menimbulkan kesan seperti terpotong sesuai frame objeknya

11. Memahami cara Bermain efek transparansi

Menggunakan Transparency tool pada coreldraw dimana berfungsi untuk membuat objek transparan. Dengan transparency tool ini kalian bisa membuat semua objek baik berupa vector atau bitmaps yang ada di area kerja coreldraw bisa menjadi transparan.

Selain itu, Tingkat transparansi juga bisa diatur sendiri, sehingga mau yang transparan hampir tidak terlihat atau yang samar-samar. Selain tingkat transparansinya, dengan transparancey tool juga bisa memilih model atau jenis transparansinya. seperti; linear, elliptical, conical dan rectangular yang telah disediakan oleh coreldraw.

12. Mengetahui cara memberi warna dan efek gradasi

Memberi warna objek pada coreldraw ada bebeberapa cara yang pertama dengan cara mengklik objek kemudian klik menu palette warna. Kedua, dengan menggunakan smart fill tool. ketiga interactive fill efek gradarasi, ketiga ada mesh fill untuk memberikan warna seperti objek aslinya dan keempat bisa menggunakan fountain fill ( f11).

13. Memahai cara Menggandakan atau memperbanyak objek

Ada banyak cara untuk menggadakan  objek pada coreldraw paling tidak  5 cara yang bisa dilakukan untuk menggandakan objek. Antara lain;

Pertama, Manual dengan cara copy paste (ctrl + c dan ctrl + v)
Kedua, Ctrl + R dengan cara repeat objek yang sama )
Ketiga, Ctrl + D menduplikasi objek yang sama
Keempat, dengan menggunakan tool docker Transformations
Kelima, dengan menggunakan Blend tool
Semua cara diatas mudah dilakukan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja.

14. Paham cara menyimpan filecoreldraw ke versi lebih rendah


Bagian terakhir pada point ini sangat penting. Jadi perlu dingat. Karena pada software coreldraw memiliki banyak versi, nah, versi tersebut bisa dibuka jika file versi yang digunakan pada versi coreldraw yang sama atau lebih tinggi diatasnya .

Contoh : jika kalian belajar menggunakan versi suite 2019 atau coreldraw X7 maka jangan di simpan pada versi 2019 atau X7 Jika ingin membuka di versi lebih rendahnya misalnya coreldraw X4 dan X5 yang masih banyak digunakan di tukang percetakan di Indonesia.
Solusi lainnya silahkan eksport file dalam format EPS untuk berjaga – jaga dengan hal yang tidak diinginkan.

semoga  Tips Trik Coreldraw  dalam memahami 14 teknis cara mudah belajar coreldraw bisa membantu teman - teman belajar coreldraw.

jangan lupa tinggalkan komentar ya.

No comments: