Thursday, October 19, 2017

Cara Mengatasi Masalah Agar Mudah menyimpan File untuk dibuka di Semua Versi CorelDraw


Cara Mengatasi Masalah Agar Mudah menyimpan File untuk  dibuka di Semua Versi CorelDraw


Pernah kesal? Saat ingin membuka file coreldraw dalam sebuah project tidak membawa laptop/pc sedangkan hanya berupa file yang disimpan dalam cloud atau flashdisk dan ketika ingin dibuka tapi tidak bisa dikarenan versi coreldraw yang berbeda.

Masalah File CDR CorelDraw tidak Bisa dibuka


Masalah Pertama, terjadi karena saat menyimpan file CDR dengan menggunakan versi yang berbeda saat mengerjakan di laptop pribadi. Misalnya saya menggunakan versi  CorelDraw suite 2019 namun saat saya ingin mencetak file CDR tersebut di Digital Printing ternyata baru menggunakan Versi X7. Lalu apa yang terjadi ? Jelas tidak Bisa dibuka . lihat gambar dibawah ini

Cara Mengatasi Masalah Agar Mudah menyimpan File untuk  dibuka di Semua Versi CorelDraw








Masalah kedua, Biasanya File Corrupt dikarenakan saat menyimpan tidak sampai selesai atau berhenti ditengah misalnya mati lampu, coreldraw not responding hahaha… atau masalah lainnya yang menyebabkan file CDR menjadi corrupt.

Masalah Ketiga, File Size Terlalu Besar dikarena menggunakan banyak effect dan banyak komponen file berupa bitmap didalam desain tersebut. Awalanya file berjalan mulus hingga disimpan karena spek computer yang digunakan mendukung namun yang terjadi saat dibuka pada computer ternyata memiliki spek yang lebih rendah kemungkinan besar tidak akan bisa dibuka file CDR tersebut.

Cara Membuka Dan  menyimpan File CorelDraw Untuk Semua Versi

Untuk dua masalah diatas yaitu File Corrupt dan Spek computer yang tidak mendukung itu merupakan masalah yang memiliki solusi masing – masing untuk mengatasinya sedangkan untuk masalah pertama dimana dikarenakan perbedaan versi file CDR itu masih bisa diatasi sejak awal.

Berikut langkah – langkah cara agar dapat Membuka Dan  menyimpan File CorelDraw Untuk Semua Versi

Silahkan pergi ke menu bar > File > Save As maka akan muncul Jendela Pop up dan lakukan settingan seperti gambar dibawah ini
Cara Mengatasi Masalah Agar Mudah menyimpan File untuk  dibuka di Semua Versi CorelDraw

Pilih versi coreldraw terendah yaitu versi 11 > Save atau dengan menekan tombol pada keyboard CRTL + S. jika ketika kalian menekan save langsung maka secara default akan tersimpan pada versi coreldraw yang kalian gunakan pada contoh diatas versi digunakan adalah coreldraw suite 2018 ( 20.0 )


Semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk teman – teman jangan lupa tinggalkan komentar jika belum paham atau ada masalah. Silahkan share postingan ini jika bermanfaat.

No comments: