Tuesday, October 3, 2017

Tutorial Dasar CorelDraw - Belajar CorelDraw X7, X8 dan suite 2018 untuk Pemula Dari Awal.


Tutorial dasar Belajar CorelDraw X7, X8 dan suite 2018 untuk Pemula Dari Awal.


Tutorial Dasar CorelDraw  - Belajar CorelDraw X7, X8 dan suite 2018 untuk Pemula Dari Awal

Sebagai seorang pemula dalam mencoba suatu hal yang baru dianjurkan untuk memulainya dari awal secara berurutan dan sistematis. sehingga pada artikel ini tentang Tutorial dasar Belajar CorelDraw X7,X8dan suite 2018 untuk Pemula Dari Awal. alasannya adalah sama halnya seperti saya pribadi pernah mengalaminya rasa bingung harus memulai dari mana serta harus bertanya pada siapa dan masih banyak permasalahan yang dihadapi seorang pemula. Namun sebagai seorang pemula anda harus memegang prinsip pada dua hal  yaitu SABAR dan OPTIMIS.

Demikian saat anda memulai belajar sebuah desain grafis menggunakan software CorelDraw. Coreldraw menjadi salah satu software grafis yang cukup familiar dikenal di Indonesia setelah illustrator. Dikarenakan fitur dan tampilan interfacenya userfriendly serta dalam penggunananya menurut saya pribadi coreldraw mendominasi dalam bidang urusan digital printing.

Namun sayangnya, kebanyakan diluar sana mereka yang mempelajari coreldraw tidak secara sistematis. Ada yang berpendapat bahwa dengan praktek dalam membuat suatu objek dapat sekaligus mempelajarinya, hal tersebut tidak bisa dikatakan benar secara keseluruhan karena biasanya ada rasa bingung, memakan waktu yg lebih lama karena dia harus mengingat berulang kali posisi dan fungsi pada bagian-bagian coreldraw.

Ada 3 Hal untuk anda ketahui dan pelajari untuk secara mudah belajar desain grafis dengan menggunakan software coreldraw diantaranya : 


1. Mulai Kenalan dengan Coreldraw

Hal yang pertama adalah saat anda pertama kali berkenalan dengan software coreldraw maka anda harus mengetahui  bagian-bagian dari Corel serta fungsinya yaitu workspace tempat kerja di coreldraw seperti bagian Toolbox, Menu Bar, Standar Bar, Property Bar, Docker dan lain-lain. 

Tutorial dasar Belajar CorelDraw X7,X8 dan suite 2018 untuk Pemula Dari Awal.

2. Mulai Pelajari 

Tutorial dasar Belajar CorelDraw X7,X8 dan suite 2018 untuk Pemula Dari Awal.

Memilih Coreldraw sebagai software desain grafis dibadingkan software desain lainnya ialah kemudahan untuk di pelajari. setelah anda berkenalan dengan workspace di coreldraw tentang semua bagian-bagian yang berada di dalam workspace maka anda masuk ketahap selanjutnya memulai untuk mempelajari.

Segera untuk memulai mempelajari semua bagian workspace tersebut yaitu fungsi kegunaannya dan Anda harus mempelajari beberapa tools penting yang sering dibutuhkan pada saat menggunakan CorelDRAW nanti, jangan khawatir, Artikel tutorialnya semua sudah saya siapkan berurutan pada blog ini Anda hanya perlu mengikutinya secara bertahap.

Selain tools yang ada di workspace anda juga di anjurkan mempelajari shortcut key di keyboard dalam software coreldraw. Walaupun ada pendapat untuk hal shortcut key adalah opsional namun dengan anda mempelajarinya akan semakin memudahkan dan lebih mengoptimalkan kerja dalam menggunakan coreldraw.

Settingan Shortcut Key di coreldraw bisa anda rubah sesuai dengan kenyaman anda caranya yaitu, dengan cara pilih Tools > Option atau tekan Ctrl+J, maka akan muncul windows, kemudian pilih Commands > Pilih tools yang ingin Anda ubah > pilih Shortcut Keys

Untuk penjelasan sederhana shotcut key di coreldraw bisa anda baca artikelnya disini 

3. Mulai Latihan 

Tutorial dasar Belajar CorelDraw X7,X8 dan suite 2018 untuk Pemula Dari Awal.

Cara cepat dan mudah mempelajari adalah segera praktek latihan. Saya anggap anda sudah mengenal dan mempelajari dua hal diatas sehingga anda sudah bisa mulai menggunakan coreldraw. 

Latihan anda dapat dimulai dengan melakukan tracing. Ya karena memang pokok dari mendesain sebuah desain dengan menggunakan coreldraw adalah anda harus menguasai cara tracing ada beberapa alat tracing yang bisa anda gunakan sesuai nyaman anda. untuk cara mentracing objek dicorel draw ada di artikel lainnya. karena pada bagian ini setiap orang punya feel tersendiri dalam mentracing sebuah objek.

Dan Bagi yang sudah bisa mendesain silahkan buat beberapa desain pertama Anda di CorelDRAW Anda bisa membagikan hasil karya pertama Anda  dengan upload ke forum socialmedia anda atau anda bisa upload di akun Instagram anda kemudian tag akun IG kami untuk kami repostnya.

Kesimpulannya 

Saat anda memulai belajar mendesain dengan coreldraw makan saran saya adalah anda focus dan terus tetap praktek ikut langkah secara perlahan jangan di loncat karena dapat memakan waktu anda lebih lama. Satu alat di asah berulang kali dapat membuah anda menjadi ahli dan menghasilkan.

Silahkan tinggalkan komentar untuk berdiskusi. 

No comments: